" />

Monday, 24 December 2012

Bayar Pajak Bisa di Supermarket

Penulis: admin 3

BANDA ACEH – Dirlantas Polda Aceh menggagas pembayaran pajak kendaraan nantinya tidak mesti dilakukan di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), namun bisa juga dilakukan di supermarket sekalipun. Hal itu diungkapkan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Unggul Sediyantoro, dalam acara Bedah Cakrawala, di Serambi FM Jumat (23/12) jelang siang.

Menurut Kombes Unggul, penempatan loket pembayaran di lokasi fasilitas publik itu sebagai bagian dari upaya jemput bola pihak pengelola pajak kendaraan. Dalam hal ini dengan merealisasikan Samsat Corner di lokasi lokasi publik, seperti super market, pasar atau lainnya.

“Untuk itu dalam tahun 2012, kita akan lakukan onlinesasi pada jaringan Samsat di Aceh. Nantinya, pembayar pajak kendaraan tak mesti pergi ke Kantor Samsat, tapi cukup ke lokasi Samsat Corner terdekat,” ujar Kombes Unggul.

Samsat Corner yang bekerja seperti SIM Keliling itu hanya melayani perpanjangan pajak STNK atau sejenisnya. Tapi tidak melayani untuk pergantian lima tahunan, karena itu harus ada cek fisik dan lainnya, yang hanya bisa dilakukan di Kantor Samsat.

Untuk pelayanan cepat tersebut, pihak Dirlantas kini sedang melakukan persiapan terpadu yang melibatkan jajaran DPKKA, serta lembaga terkait lainnya. Termasuk menggandeng pihak perbankan lokal untuk terlibat, misalnya dengan memberlakukan payment point online banking (PPOB).

Bagi warga pemakai jasa Samsat Corner, tidak dibebankan biaya tambahan, dalam arti, harga yang mereka bayar juga sama dengan yang dibayar langsung via Kantor Samsat. Nantinya petugas di setiap Samsat Corner, hanya tiga orang, yang terdiri atas petugas dari Lantas, staf DPKKA serta pihak bank selaku bagian utuh dari sistem pembayaran online yang melibatkan unsur bank.

“Kita berharap agar pembayar pajak makin dimudahkan, bukan justru merasa terbeban ketika ingin menunaikan kewajiban mereka sebagai pemilik kendaraan. Jadi kita harus jemput bola,” tutur Kombes Unggul Sediyantoro, dalam acara bedah editorial atau Cakrawala, yang dipandu oleh Dosi Alfian, sebagai host, serta Nurdinsyam, Tim Redaktur Pelaksana (Redpel) Serambi Grup, sebagai nara sumber.

Sumber: Serambi Indonesia

Komentar