" />

Thursday, 10 July 2014

Muspida Pantau Pelaksanaan Pilpres

Penulis: admin 3

Muspida dan Muspida Plus Kota Langsa, dibawah koordinasi Wakil Walikota Langsa, Drs. Marzuki Hamid, MM, melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sejumlah gampong dalam wilayah Kota Langsa, Rabu (9/7).

Adapun Muspida yang ikut melakukan peninjauan adalah Kapolres Langsa, AKBP.Hariadi, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol.Inf.Mujahidin, Kajari Langsa, R.Miftahol Arifin, serta sejumlah SKPK dan Camat se Kota Langsa. Selain Muspida dalam peninjauan tersebut juga ikut hadir Dirlantas Polda Aceh yang juga sebagai Perwira Pengamat Wilayah Timur, Kombes.Pol. Samsul Bahri.

Peninjauan yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wib, pertama dilakukan di TPS 1 Gampong Matang Cengai Kecamatan Langsa Timur, dialnjutkan ke Gampong Bate Puteh Kecamatan Langsa Lama, kemudian Gampong Paya Bujuk Tunong Kecamatan Langsa Baro dan berakhir di Gampong Lhok Bani Kecamatan Langsa Barat.

Seusai melakukan peninjauan Wakil Wali Kota Langsa, kepada wartawan mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan pemungutan suara Pilpres di sejumlah TPS yang telah dikunjungi, kesiapan panitia cukup bagus. “Hanya saja pada Pilpres 2014 ini hampir di seluruh TPS terlihat lengang, ini disebabkan proses pemilihannya yang cepat sehingga tidak ada masyarakat yang antri dan menumpuk seperti pada Pemilihan Legislatif beberapa waktu yang lalu,” sebut Marzuki Hamid.

Dijelaskannya, dalam pemilihan Pilpres ini, tidak membutuhkan waktu lama, karena kertas suaranya kecil dan hanya satu lembar. Jadi saat melakukan pencoblosan, hanya butuh waktu beberapa menit di bilik suara, dan kondisi puasa juga membuat masyarakat tidak lagi duduk di lokasi TPS usai melakukan pencoblosan, namun langsung pulang sehingga terlihat lengang.

Namun demikian, Wakil Walikota mengakui bahwa, rata-rata TPS yang dikunjungi sebanyak 50 persen masyarakat yang sudah memilih dan diperkirakan hingga batas waktu mencoblos yang telah ditentukan, antusias pemilih di Kota Langsa bisa mencapai 60 persen, “Karena masyarakat Kota Langsa sudah cerdas, sehingga masyarakat merasa rugi ketika tidak memberikan hak suaranya,” ujarnya.

Sementara Kapolres Langsa, AKBP.Hariadi, menjelaskan, dari sisi keamanan, Pemilihan Presiden di Kota Langsa berjalan aman dan tidak ada kendala apapun, “InsyaAllah Pilpres di Kota Langsa mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara berjalan aman,” ujarnya seraya menambahkan ini semua atas kerjasama masyarakat Kota Langsa.

://www.langsakota.go.id/

Komentar