" />

Thursday, 29 March 2012

Seminar Lalu Lintas di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala

Penulis: admin 3

Seminar FH Unsyiah

Mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah yang tergabung dalam ALSA (Asian Law Students Association Local Chapter Syiah Kuala University) yang bekerjasama dengan Jasa Raharja Cabang Aceh menyelenggarakan seminar sehari dengan tema Peningkatan Kedisplinan Mahasiswa Serta Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Dan Pemahaman Pertanggung Jawaban Jasa Raharja.

Seminar yang diselenggarakan di Gedung Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala di Darussalam Banda Aceh pada tanggal 21 Maret 2012. Sebagai Pemateri, H. Jajang Miharja,SE., dari Jasa Raharja Cabang Aceh, AKBP. Suhada dari Direktorat lalu Lintas Polda Aceh dan Saifuddin Bantasyam, Dosen Fakultas Hukum Unsyiah.

Seminar yang bertujuan untuk melihat sampai sejauh mana pengetahuan dan pemahaman Mahasiswa dan masyarakat di dalam berlalu lintas serta pengetahuan tentang pertanggungjawaban Jasa Raharja terhadap korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan umum.

Acara dibuka oleh Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Unsyiah, Basri, SH, M.Hum., yang pada sambutannya menyoroti fenomena saat ini dimana banyaknya kecelakaan yang terjadi semangkin meningkat. Jadi, Basri, mengharapkan kepada mahasiswa dapat menjadi Agent A Change, dimana nantinya Mahasiswa dapat menyampaikan kepada masyarakat luas ilmu yang di dapat dari pemateri hari ini.

AKBP Suhada dalam papannya menyampaikan bahwa Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Propinsi Aceh tahun 2011 trennya cenderung meningkat. Gambaran tersebut dinilai masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat pengguna jalan dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Untuk kepada masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati di dalam berlalu lintas. Patuhilah Rambu-rambu lalu lintas yang ada jangan melanggar akibatnya bisa fatal.

Jasa Raharja adalam BUMN yang ditugaskan pemerintah untuk mengelola Undang Undang (UU). No. 33 tentang Dana santunan kecelakaan angkutan penumpang umum dan UU. No. 34 tahun 1964 tentang Dana santunan kecelakaan lalu lintas jalan. Oleh karena itu bila mengalami kecelakaan baik ketika menaiki angkutan umum baik di darat, laut dan udara maupun ketika mengalami kecelakaan di jalan raya, segera hubungi Jasa Raharja terdekat atau SMS ke 0812 10 500 500.

Tetapi juga diingatkan oleh Jajang Miharja bahwa masyarakat juga punya kewajiban sesuai dengan Undang Undang tersebut. Untuk masyarakat pengguna alat angkutan umum baik di darat, laut dan udara wajib membayar Iuran Wajib yang biasanya sudah digabungkan dengan ongkos tiket. Bagi masyarakat pengusaha atau pemilik kenderaan diwajibkan membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) setiap tahunnya di Samsat-samsat terdekat.

Pada sesi akhir seminar Dosen Fakultas Hukum Universitas Unsyiah, Saifuddin Bantasyam,SH,MA., menyampaikan tentang kesadaran Hukum masyarakat. Ada sesuatu sistem yang salah mengapa lebih dominan korban kecelakaan lalu lintas mahasiswa dan pelajar.

Akhir acara dilakukan tanya jawab tentang apa yang telah dipaparkan oleh para pemateri. Banyaknya pertanyaan dari para Mahasiswa yang kesemuanya dijawab oleh para narasumber dengan lugas. Setelah tanya jawab dibagi helm sebanyak 10 unit ber SNI.

Sumber: Humas Jasa Raharja Aceh

Komentar